Kontribusi Untuk Energi Dalam Negeri

Posted: November 8, 2019 in diagnosa
Tags:

Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu (John F. Kennedy).

Quote dari Presiden Amerika Serikat  ke-35 di atas mengispirasi banyak orang termasuk saya untuk senantiasa memiliki kontribusi besar bagi negara. Konteks ini masih dapat diperluas, tidak hanya memberikan yang terbaik untuk negara, tetapi juga dapat dimanapun dan di posisi apapun kita berada.

Salah satu bentuk kontribusi di sini adalah sumbangsih terbaik yang kita berikan pada tempat kita bekerja, dalam hal ini adalah Pertamina, tempat saya berkarir selama kurang lebih tujuh tahun belakangan ini. Pertamina merupakan satu-satunya Perusahaan Minyak & Gas milik negara. Perusahaan yang diberi amanah untuk mengelola salah satu aset strategis bangsa, minyak  bumi & gas, untuk dapat dimanfaatkan sebaik-sebaiknya bagi kepentingan rakyat Indonesia. Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk bekerja dan belajar di BUMN terbesar di Indonesia ini. Kesempatan itu tidak saya sia-siakan dengan bentuk berusaha menghasilkan kinerja sebaik mungkin. Perwujudannya adalah dengan tidak hanya melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai beban yang diberikan, namun berusaha secara proaktif mencari peluang kontribusi terbaik yang dapat diberikan untuk Perusahaan. Sebab saya sadar, kontribusi yang diberikan sejatinya bukan hanya untuk Perusahaan, tetapi juga sebagai bentuk sumbangsih untuk negara tercinta. BUMN ada bukan hanya untuk membesarkan dirinya sendiri, tetapi juga BUMN hadir untuk membangun negeri.

Ilustrasi Foto

Foto saat bertugas Physical Check Produk Pertamina di Kalimantan

Peran sebagai Pekerja yang bernaung di bawah Pertamina, sudah semestinya melakukan kontribusi terbaik. Namun, atas posisi sebagai masyarakat pada umumnya, hal apakah yang dapat dilakukan? Berikut diantara berapa hal yang dapat kita lakukan sebagai bentuk kontribusi kita bagi Negara melalui Pertamina.

  1. Hemat dalam menggunakan energi, khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM)

Setiap energi dari minyak bumi merupakan sumber daya alam terbatas, tidak dapat diperbarui, kecuali dengan melakukan usaha penambahan cadangan minyak melalui pengeboran sumber minyak baru. Di satu sisi Pertamina sebagai Perusahaan kebanggaan bangsa berusaha untuk melakukan peningkatan cadangan tersebut, tidak hanya dalam negeri namun juga dengan terlibat pada proses eksplorasi dan produksi blok migas di luar negeri. Dari sisi pemakai, diharapkan kita dapat bijak dalam menggunakannya, ingatlah bahwa kita hanya hidup sementara, tetapi kekayaan alam ini akan di warisi juga oleh anak cucu kita, jangan sampai mereka mendapatkan negeri yang dulunya kaya dengan alamnya menjadi habis tidak bersisa karena dikuras habis oleh pendahulunya. Contoh sederhana hemat dalam menggunakan BBM adalah dengan menggunakan kendaraan bermotor jika memang diperlukan, kalau hanya untuk keperluan ke mini market di seberang rumah yang berjarak tidak lebih 500 m, tentu akan lebih bijak jika pergi dengan jalan kaki saja, selain hemat energi juga bagus untuk kesehatan. Hal lain yang juga dapat dilakukan untuk meminimalisir penggunaan kendaraan beremisi adalah dengan memprioritaskan menggunakan angkutan umum, mengingat transportasi publik kita perkembangannya menuju arah yang positif dan semakin tertata serta juga lebih banyak pilihan. Pilihan memperbanyak menggunakan kendaraan tanpa emisi seperti sepeda juga tiada salahnya,  fasilitas publik yang mendukung untuk pengguna sepeda juga sudah jauh lebih baik, khususnya untuk beberapa kota besar di Indonesia.

  1. Menggunakan produk energi sesuai hak

Definisi adil bukan sekedar menimbang sama berat, atau mengukur sama panjang, namun yang lebih penting adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Memang Pemerintah sudah menyiapkan anggaran belanja untuk subsidi BBM, namun amat disayangkan jika semua level masyarakat mendapatkan subsidi yang sama besarnya. Akan lebih bermanfaat jika anggaran tersebut dipergunakan untuk kepentingan yang lebih besar dan berefek banyak pada kesejahteraan masyarakat. Pemerintah telah menetapkan kebijakan bahwa subsidi energi semestinya hanya untuk mereka yang membutuhkan, seperti penggunaan BBM bersubsidi dan Gas Elpiji Subsidi 3 kg. Kalangan masyarakat lain tentu sangat diharapkan kesadarannya menggunakan produk lain seperti Pertamax Series untuk BBM, dan Brightgas untuk kebutuhan energi rumah tangga.

  1. Sedapat mungkin menggunakan produk energi dalam negeri.

Cintailah produk-produk Indonesia.

Tentunya slogan di atas tidak asing di telinga kita, sering digaungkan dalam rangka kampanye untuk mengutamakan penggunaan produk-produk dalam negeri, karya anak bangsa sendiri. Pun halnya dalam penggunaan energi. Sejak diundangkannya UU No 22  tahun 2001 tentang Minyak dan Gas, menjadikan Pertamina harus berkompetisi dengan Multinasional Oil Company lainnya yang turut serta beroperasi di Indonesia. Tidak ada aturan yang melarang memang, pilihan kepada konsumen untuk menggunakan produk mana untuk keperluan konsumsi energinya. Hanya saja, ketika kita menggunakan produk Pertamina, setidaknya menjadi sedikit sumbangsih kita untuk negara. Pertamina Untung, Negara Untung.

ilustrasi

Salah satu bentuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan adalah dengan menumbuhkan sikap kontribusi dalam diri kita. Mulai dari kontribusi kepada keluarga dan lingkungan terdekat kita, kontribusi pada perusahaan atau organisasi tempat kita bekerja, dan juga kontribusi yang lebih luas kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta. Kontribusi untuk negeri, wujud cinta pada Bangsa.

#Pertaminaemployeejournalism #EnergiUntukMaju #PahlawanPertamina #kontribusikitabagiPertamina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s