Sharing Ajal

Posted: October 27, 2014 in curcol abiss :D, hikmah
Tags:

Berikut adalah kulsap (kuliah watsapp) pada sebuah group komunitas di watsapp yang aku ikuti. Udah beberapa pekan yang lalu, tapi baru posting sekarang.

Assalamualaikum Wb Wr..

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam, serta shalawat buat baginda Rasulullah SAW. Mencoba utk sedikit ber kulsap pada kesempatan kali ini. Fyi, saat ini sedang dalam perjalanan Kotabaru – Banjarmasin – Jakarta -Padang. Agak heran sebenarnya, tiap kali dapet jatah kulsap seringnya itu pas saat lagi safar, setidaknya dalam 3 kali terakhir, bahkan yang pertama pun di odoj miti periode 1 tahun lalu, kulsapnya jg saat lg safar k site tanah merah kaltim, pernah pas lg k jkt. Nah, d odoj periode kedua ini jg, sekarang saat lg safar jg, sebelumnya itu pd saat safar k jakarta, dan sebelum nya lg saat safar d jogja.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas….? yang pasti bukan persoalan safar, pengantar tadi curcol aj, klw sy sering safar, hehe.

Mencoba sharing tentang hal yang sedang d alami keluarga saya. Sebelum nya mohon doa nya juga, bahwa kemaren siang nenek saya meninggal, semoga arwah beliau diterima di sisi Nya, aamiin. Kepulangan kali ini sebenarnya sudah d jadwalkan jauh2 hari, krn saat lebaran idul fitri, gk pulang akhirnya minta cuti k bos utk pulang pas idul adha, qadarullah nya demikian, nenek saya meninggal sehari sebelum pulang. Kalau lah boleh memilih, tentunya nenek saya itu menunda meninggalnya sehari saja, sehingga bsa ketemu dengan cucu nya yang cakep ini dulu, krn memang udah hampir setahun juga gak pulang dan gak ketemu. Tapi apalah d kata, tiap manusia sudah ada ketentuan nya masing2, jangankan sehari, sedetik pun mau minta tunda gak akan bisa. Malaikat berbeda dg pejabat indonesia kebanyakan, yang mungkin utk kepentingan tertentu bsa d sogok, malaikat sudah pastinya tidak bsa d nego atw pun d suap, klw sudah waktu nya malaikat pencabut nyawa akan dtg kpd kita. Bisa jd pejabat2 yang suka korup, menyalahgunakan wewenang dsb gak takut mati, mungkin dlm benak mrk malaikat pun bsa d suap nantinya biar mati nya d tangguhkan, krn udah kebiasaan menggunakan uang utk mencpai kepentingan nya. Itulah learning point 1, klw sudah waktunya ajal gak bsa d tunda even sedetik pun, utk itu persiapkan lah diri dalam tiap hembusan nafas jangan sampai terlewati dalam mengingat Allah SWT.

Tentunya smw kita paham bahwa saat sudah berpisah nyawa dari badan, kemudian jasad d bw ke dlm kubur, tidak ada lagi yang tersisa. Rumah yang bertingkat, mobil yang mengkilat, duit yang berlipat2, bahkan bsa jd beristri empat..semuanya itu akan d tinggal, tidak ada yang d bw kecuali helaian kain kafan. Namun, ingatlah bahwa selain itu masih ada hal2 yang tidak akan terputus wlw raga sudah berpisah dg nyawa. Tentu sj smw yang disini paham akan hal tsb, amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta doa anak yang shaleh. Perbanyaklah amal2 yang sifatnya kekal wlwpun kita sudah berpulang, seperti wakaf dan sejenisnya. Dan juga perbanyaklah menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bgi org banyak, nah salah satu karakter riset miti yang sy kenal adalah product2 riset nya yang bermanfaat. Pun si tukang riset udah meninggal, selama hasil risetnya ini bermanfaat utk org banyak, insyaallah pahala nya akab mengalir. Terakhir, doa anak yang shaleh, bagaimana memperolehnya? Ya, harus punya anak dulu, utk punya anak musti nikah dulu. Jadi, bagi para bujang menikahlah segra, sayang sekali saat ajal sudah dtg, blm menikah dan punya anak, kesempatan utk point ketiga ini akan pupus. Inilah learning point yang ke 2, bagi yang masih bujang menikahlah, agar punya anak yang shaleh yang selalu mendoakan kedua org tua nya. Penting utk diketahui, saya masih bujang dan belum menikah, usia 26, penghasilan lumayan. #ehh (bukan promosi).

Berbicara tentang kematian, saya ingat penyampaian ustd Banjar pd sebuah kajian, nama nya Ustd Salam, beliau menyebutkan bahwa 40 hari sebelum meninggal biasa nya sudah terlihat tanda2 nya, d antara tanda nya itu adalah hidung yang bengkok, klw gak bengkok k atas atw k samping. Kurang tw jg ustd tsb dapet dalil dri mana, kayaknya gak ada deh, bsa jd based on pengalaman dan temuan bbrpa kali sehingga d hasilkan lah kesimpulan yang demikian tsb. Dan sy pun blm sempat utk membuktikan hipotesis tsb, silahkan bagi yang punya waktu bsa jd ide penelitian jg mungkin, dg eksperiment d rumah sakit bsa jd, wallahualam bisshawab. Inilah bsa jd learning point yang ketiga, sering2 lah bercermin, dan perhatikan hidungmu. Alhamdulillah kalw masih lurus, klw dah bengkok segra lah bener2 mempersiapkan diri, wlaupun gk yakin 100%, gk ada salahnya bersiap, siapa tw dlm waktu deket ajalmu sudah dtg. Sekali lagi, wallahualam bisshawab.

Mungkin demikian dulu yang dapat sy sampai kan. Maaf agak berlepotan, masih kepikiran nenek yang meninggal, mikirin kerjaan yang diurus d jkt sebentar dlm safar kali ini, dan jg mikirin nulis kusap kali ini. Alhaqqu mirrabbika fala takunanna minal mumtarin. Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s