Gempa Lokal Shubuh Hari ini..

Posted: August 6, 2014 in curcol abiss :D
Tags: ,

Shalat shubuh kali ini terasa special, ada yang berbeda. Mengapa? Karena di masjid tempat aku biasa shalat tersebut yaitu Masjid Al Jihad (lebih kurang 1 km dari rumah) terjadi gempa lokal. Nah kok bisa? Yg merasa kan gempa lokal nya gak semua jamaah juga sih, tapi hanya imam nya aja, karena yang imam saking grogi nya, gemetarannya itu menimbulkan gempa lokal. Siapakah imamnya? Yaa, aku sendiri, wkwkwkw.

Yaa, amat kaget, saat iqamah dikumandangkan, tetiba bapak-bapak jamaah mempersilahkan aku jadi imam. Mengapa aku? Walau imam utama masjid tidak datang, tapi aku tahu bahwa diantara bapak-bapak tersebut juga ada yang sudah biasa jadi imam. Diawali oleh seorang Bapak yang sering azan menunjukku jadi imam, dan juga dilanjutkan oleh bapak-bapak yang lain. Yaa sudah, dengan masih nuansa kaget serta bingung juga, aku maju aja untuk menjadi imam pada shalat subuh kali ini. Dan terjadi lah, tiba-tiba lututku bergetar hebat dan tidak tertahankan. Hal itu pun juga mempengaruhi bacaan, aku yakin jamaah pasti mengetahui ada nada bergetar dari bacaan yang aku keluarkan. Walau berusaha sekuat tenaga, gempa lokal ini tak kunjung reda. Tapi masih untung bacaan ayatku lancar, tidak ada ayat yang lupa. Pada rakaat pertama membaca 3 surat terakhir Al Baqarah, dan rakaat kedua surat An Nashr. Sempat kepikiran mau baca Ar Rahman yang kebetulan sedang memurajaah surat tersebut, namun gak jadi, hehe, dari pada brabe karena jujur konsentrasi shalat agak terganggu dengan gempa lokal tadi. Akhirnya yang di baca yaitu, surat yang benar-benar yakin aku hafal walau dalam kondisi apapun. Karena sering terjadi, surat yang walau sudah dihafal, kadang kala ngilang aja saat dibawa shalat. However, selesai mengucap salam, ada rasa syukur untunglah kegrogianku tidak mempengaruhi hafalan bacaan, yang mana kalau itu terjadi tentu akan mempengaruhi juga kekusyukan Jemaah yang lain.

Memang ada nuansa tersendiri kalau kita menjadi imam pada sebuah masjid masyarakat pada umumnya. Terakhir kali, aku menjadi imam di sebuah masjid besar seingatku adalah saat masih kuliah dulu, karena kebetulan menjadi salah seorang pengurus takmir masjid sehingganya sempat beberapa kali dipercaya menjadi imam shalat wajib. Itu pun saat yang pertama kali terjadi gemetar banget juga, setelah beberapa kali bisa jadi lancar dan terkendali. Nah, dalam 3 tahun terakhir aku tidak pernah lagi jadi imam yang kayak gini, Cuma jadi makmum biasa aja. Pun ada yaa shalat2 dengan jamaah dikit aja, menjamaahi beberapa orang teman seperti saat safir. Maka nya, situasi tadi pagi begitu mengagetkan, hehe. Gak tau pasti mengapa aku dipercaya jadi imam tadi, gak nanya juga sama bapaknya, karena gak berani ngobrol pasca shalat, habis zikir capcus pulang, agak malu sebenarnya dengan kegrogian tadi, hehehehehe. Hanya beranalisa mungkin karena melihat aku sering baca quran dan murajaah di masjid kali, sebab tiap ba’da maghrib aku gak pulang, tapi tetap di masjid menuntaskan target one day one juz, dan murajaah beberapa hafalan atas waktu tersisa sebelum isya masuk. Apa karena itu dipikir aku punya hafalan banyak dan bacaan baik yak? Padahal hafalan nya juga Cuma berapa dan bacaanku juga gak bagus2 amat. Wallahualam deh, satu sisi bersyukur aja, karena jujur sebenarnya saat jadi imam ada rasa kegembiraan dan kepuasan tersendiri, gak tahu kenapa, walau aku tahu tanggungjawab seorang imam amatlah berat dibanding makmum biasa. Bismillah aja, yang pertama ini menjadi pembelajaran, dan harus mempersiapkan diri jikapun suatu saat nanti dadakan ditunjuk lagi. Makin perbaki lagi kualitas ibadahnya, makin perbanyak lagi tilawahnya, dan terus menstabilkan hafalan-hafalannya.

Sekian curcol sore ini, mendekati jam pulang kantor (masih 1 jam lagi sih, tapi gak ada kerjaan lagi sepertinya, hehehe).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s