Yogyakarta Kota Pelajar (1)

Posted: July 31, 2014 in My Trip
Tags: , ,

Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja

Semuanya pasti tahu dengan lirik lagu di atas. Itu adalah salah satu lagu yang cukup populer dari Kla Project, menggambarkan suasana keindahan di Kota Yogyakarta. Ada setidaknya 4 tahun lebih aku tinggal di kota ini. Menuntut ilmu disini, memetik banyak hikmah dan pelajaran selama aku menetap disini. Maka nya judul tulisan ini adalah Yogyakarta Kota Pelajar, karena tujuan Utama ku merantau ke sini adalah memang untuk belajar, meraih gelar sarjana dalam mengarungi samudera kehidupan berikutnya.

Nah, pada tulisan kali ini tidak akan membahas pemaknaan kota Yogya sebagai kota pelajar, tapi hanya ingin bercerita mengenai lokasi-lokasi objek wisata yang pernah aku kunjungi disini (sesuai dengan kategori di tulisan ini, yaitu My Trip). Ada banyak tempat untuk dikunjungi di Yogya ini, walau 4 tahun lebih berada disini namun hingga kini rasa-rasa nya masih saja ada tempat yang belum terkunjungi. Makanya bagi para sahabat traveler yang berniat ke Yogya, mending disediakan space banyak hari, seminggu lebih mungkin, saking banyak nya tempat yang harus di datangi dan dinikmati.

  1. Candi Borobudur

IMG_7918Salah satu yang membuat Yogya terkenal adalah ada nya Candi Borobudur. Walau sebenarnya ini Candi jauh banget dari Yogya, ada di kota Magelang, lebih kurang 40 km dari kota Yogya. Tapi yaa perihal marketing kali yaa, sehingga khalayak ramai tahu nya Borobudur ada di Yogya. Aku terakhir ke sini pada tahun 2011 lalu, antara bulan Maret-April. Beberapa kali memasuki Candi ini, dan gratis, hehehe. Karena saat itu aku melaksanakan kegiatan KKN di desa Sebrang Rowo yang persis ada di belakang Candi Borobudur, sehingga saat itu masuk ke Candi tinggal loncat pagar aja, hehhe, sebagaimana yang warga sini lakukan. Kalau sekarang kurang tahu sih, berapa tiket masuknya, 20.000-30.000-an kali yak, soalnya pas pertama kali kesini bayar 15rb-an kalau nggak salah.

Dalam kompleknya ini, hanya ada berdiri satu Candi, yaitu Candi Borobudur itu sendiri. Tidak jauh dari komplek ini juga terdapat candi Mendut sebenarnya, tapi wisatawan lebih tertarik hanya untuk melihat candi borobudurnya aja. Ceritanya candi Borobudur ini ini tidak didirikan pake semen lo, tapi ada sejenis tanah yang digunakan untuk merekatkan antar batu sehingga masih bertahan berdiri hingga sekarang. Walau sempat ada kerusakan saat terjadi letusan gunung merapi 2010, namun tidak terlalu bahaya, dengan sedikit renovasi candi nya sudah kembali seperti sedia kala.

IMG_8991Salah satu moment indah di Borobudur adalah pada pagi hari, yaitu melihat matahari terbit. Saat masih ber KKN disini kami tim KKN sering memanfaatkan moment indah ini, dengan setelah shalat shubuh manjat pagar, dan masuk ke Candi.

Salah satu mitos yang ada saat ada di atas candi adalah perihal memasukkan tangan di stupa yang ada di atas candi, kata nya kalau saat memasukkan tangan ke dalam stupa dan bisa menyentuh patung di dalamnya, katanya permohonan nya akan terkabul. Sesuatu yang tidak pernah aku percaya, hehe, syirik banget tuh kalau sampai percaya, hehehe.

Candi Borobudur juga merupakan tempat peribadatan bagi Kaum Budha, maka nya tiap menjelang hari raya waisak, Borobudur akan ramai di datangi oleh penganut Budha dari berbagai macam wilayah bahkan Negara. Karena ada semacam upacara agama yang dilakukan dan juga ada semacam pameran di sekitar candi. Dan salah satu pandangan yang menarik adalah ketika pelepasan lampion ke udara pada malam hari nya. Nurutku gak apa2 sih untuk menjadi pemandangan aja, asal bagi penganut muslim seperti diriku tidak ikut serta dalam kegiatan keagamaan nya.

Sekian aja untuk Candi Borobudur.

 

IMG_7921(bersambung)

Comments
  1. pengejakata says:

    itu yg duduk ada mamat ya gi ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s