Fight for Mahakam (5)

Posted: May 26, 2014 in diagnosa
Tags: , ,

Kantor Wamen ESDM di Pertamina akan Disegel Mulai Senin

Rista Rama Dhany – detikfinance

Sabtu, 24/05/2014 11:36 WIB

http://finance.detik.com/read/2014/05/24/113618/2591440/1034/kantor-wamen-esdm-di-pertamina-akan-disegel-mulai-senin

Jakarta -Serikat Pekerja PT Pertamina (Persero) akan mensegel kantor Komisaris Susilo Siswoutomo. Ini merupakan buntut atas pernyataan Susilo yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM itu yang belum berniat memberikan pengelolaan Blok Mahakam ke perusahaan pelat merah tersebut.

“Kami sudah berkomunikasi dengan para Pekerja Pertamina, initinya Senin besok kami serikat pekerja se-indonesia akan datang ke kantor Pertamina untuk mensegel kantor Wamen ESDM di Pertamina,” kata Faisal Yusra, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia, kepada detikFinance, Sabtu (24/5/2014).

“Wamen ESDM punya kantor di Pertamina, karena merupakan salah satu Komisaris Pertamina, karena komentarnya di media tidak mendukung kemajuan Pertaminan kemajuan perusahaan migas nasional buat apa makan gaji buta dari Pertamina, kita segel besok (Senin) kantornya,” tambahnya.

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Wamen ESDM melalui SMS. Namun, kata Faisal, Susilo membantah pernyataan tersebut dan menyalahkan media karena mengubah ucapannya dalam berita.

“Dia (Susilo) memastikan akan dukung Pertamina 150%. Tapi kami tidak percaya, karena ucapan Wamen ESDM tidak kali ini saja, ucapannya konsisten sejak jadi Wamen ESDM, jika Pertamina belum tentu kelola sepenuhnya Blok Mahakam,” ujar Faisal.

“Apalagi Direksi Pertamina sudah kirim surat berkali-kali ke pemerintah untuk memastikan bahwa kita mampu, kita bisa dan kita mau mengelola sendiri Blok Mahakam,” tutupnya.

Seperti diketahui, pengelolaan ladang minyak dan gas bumi di Blok Mahakam, Kalimantan Timur yang dikelola perusahaan asal Prancis yakni Total E&P Indonesie hampir 50 tahun beroperasi. Namun pemerintah belum tentu memberikan blok yang akan habis pada 2017 tersebut ke tangan Pertamina.

“Bukan tidak berpihak kepada negara, Pertamina itu bukan negara walaupun dia 100% milik negara. Blok Mahakam habis kontraknya itu jadi milik negara, tapi belum tentu dikasih ke Pertamina. Pertamina boleh saja mengajukan ingin mengelola, tapi tidak otomatis, bisa saja kita (pemerintah) tenderkan kembali,” kata Susilo saat ditemui di The 38th Indonesia Petroleum Association (IPA) di JCC, Kamis (22/5/2014).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s