Fight for Mahakam (4)

Posted: May 26, 2014 in diagnosa
Tags: , ,

Setengah Abad Blok Mahakam Dikelola Asing, Pertamina: Kami Minta Bekasnya Kok Susah

Rista Rama Dhany – detikfinance

http://finance.detik.com/read/2014/05/16/103902/2583642/1034/2/setengah-abad-blok-mahakam-dikelola-asing-pertamina-kami-minta-bekasnya-kok-susah

 

PT Pertamina (Persero) ingin mengelola Blok Mahakam di Kalimantan Timur yang saat ini dikelola oleh perusahaan asing yaitu Total E&P Indonesie bermitra dengan INPEX sampai 2017.

Upaya Pertamina ingin menguasai blok yang sudah dikelola 47 tahun atau hampir setengah abad tersebut tak mulus karena belum mendapat lampu hijau dari Kementerian ESDM.

Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husein mengatakan Pertamina tidak ingin blok tersebut kembali diperpanjang pengelolaanya oleh perusahaan asing yang selama ini sudah mengelola blok tersebut selama hampir 50 tahun.

“Blok ini kan sudah diperpanjang, masak blok yang dipegang 50 tahun nggak dikembalikan juga, saya minta bekasnya doang kok susah banget,” tegasnya di acara workshop Pertamina Hulu, di Sentul, Bogor, Jumat (16/5/2014).

Blok Mahakam diperkirakan masih memiliki cadangan gas bumi terbukti sebanyak 2 triliun kaki kubik (TCF) setelah kontrak berakhir pada 2017.

“Tidak hanya segitu banyak sekali cadangannya. Kalau blok tersebut nggak bagus nggak bakal diperebutin, kalau nggak ada gasnya saya nggak bakal nangis bombay seperti ini untuk minta Blok Mahakam diberikan ke Pertamina, ngapain capek-capek,” ucapnya.

Husein mengungkapkan, pengelolaan blok mahakam yang sampai saat ini masih menjadi pemasok gas terbesar di Indonesia, merupakan kesempatan besar. Alasannya disemua negara saat ini sangat membutuhkan energi dan mengandalkan BUMN-BUMN-nya

“Ini kesempatan besar, kami siap lahir batin mengelola Blok Mahakam,” ujarnya.

Keputusan siapa yang kembali mengelola suatu blok minyak normalnya diputuskan 5 tahun sebelum kontrak berakhir. Hal ini agar ada kepastian investasi dan persiapan bagi perusahaan yang ditunjuk untuk mengelola blok tersebut selanjutnya.

Dikutip dari situs SKK Migas, kontrak bagi hasil blok Mahakam ditandatangani tahun 1967, kemudian diperpanjang pada tahun 1997 untuk jangka waktu 20 tahun sampai tahun 2017. Kegiatan eksplorasi yang dilakukan pada tahun 1967 menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Blok Mahakam tahun 1972 dalam jumlah yang cukup besar.

Masalah perpanjangan blok Mahakam sangat erat kaitannya dengan upaya untuk menjamin dan memaksimalkan penerimaan Negara. Seandainya pemerintah bermaksud memperpanjang kontrak blok Mahakam, maka pemerintah pasti akan meminta kenaikan bagi hasil yang lebih banyak lagi dari kontrak sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s