Fight for Mahakam (3)

Posted: May 26, 2014 in diagnosa
Tags: , ,

Demi Blok Mahakam, Pertamina 3 Kali Kirim Surat ke ESDM

Rista Rama Dhany – detikfinance

Jumat, 16/05/2014 09:51 WIB

http://finance.detik.com/read/2014/05/16/095158/2583575/1034/demi-blok-mahakam-pertamina-3-kali-kirim-surat-ke-esdm

 

 

Kontrak pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur (Kaltim) oleh perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Prancis Total E&P Indonesie berakhir 2017, namun sampai saat ini status kelanjutan blok tersebut belum juga diputuskan.

PT Pertamina (Persero) bahkan sudah 3 kali kirim surat ke Kementerian ESDM agar blok tersebut segera diberikan 100% ke perseroan. Pertamina sempat digadang-gadang sebagai perusahaan negara yang akan melanjutkan blok migas tersebut.

“Kami sudah mengirim surat ke pemerintah sampai 3 ke tiga kalinya. Bahwa kami menyatakan siap mengelola Blok Mahakam 100%,” ujar Direktur Hulu PT Pertamina Muhammad Husein dalam acara Workshop Pertamina, di Sentul, Bogor, Jumat (16/5/2014).

Husein menegaskan, Pertamina sudah menyiapkan dana yang besar dan sumber daya manusia (SDM) dan lainnya untuk mengelola blok migas yang sampai saat ini menjadi produksi gas bumi paling besar di Indonesia sekitar 1,7 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

“Kami siap semua, finansialnya, SDM-nya, segala macam, kalau orang banyak yang takut produksi Mahakam anjlok jika dipegang Pertamina, nyatanya kami sudah buktikan lewat WMO di ONWJ, kami basah-basahan untuk naikkan produksi dan berhasil, produksi malah naik,” tegasnya.

Pemerintah melalui Kementerian ESDM berwenang memutuskan kepada siapa Blok Mahakam akan diberikan untuk dikelola kembali, karena pada 2017 setelah kontrak berakhir blok tersebut maka menjadi milik negara.

Ada dua kemungkinan, kembali memperpanjang kontrak Total E&P Indonesie untuk ke tiga kalinya setelah dikelola selama 50 tahun lebih, atau menunjuk perusahaan migas lain.

“Yang jelas kami akan terus kirim surat ke pemerintah, karena modal kami hanya kirim surat, hanya itu yang bisa kita lakukan, yang punya blok kan pemerintah,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s