Ngantuk..

Posted: April 29, 2014 in curcol abiss :D
Tags: ,

indexxPernah ngerasain ngantuk kan? Ya pernah dong, sebelum tidur pasti timbul rasa kantuk dulu, baru dilanjutkan dengan kamu akan tidur terlelap. Tapi rasa kantuk yang saya maksud disini adalah kantuk yang tiba-tiba muncul dalam rangka bukan untuk tidur. Pernah mengalaminya juga kan? Yang sering itu saat menghadiri pengajian di masjid, saat mendengar suatu pidato atau ceramah, tiba-tiba aja mata terasa berat dan enak banget kayaknya untuk dibawa tidur. Saat menulis ini juga aku lagi ngantuk berat, pasalnya sedang mengikuti rapat di kantor, jam-jam nya pas habis makan siang lagi, dan rapat nya monoton ya wajar aja sih ngantuk banget rasa nya. Jadilah saat rapat berlangsung ini, iseng disambi nulis, biar ngantuknya juga ilang.

Mengapa kantuk itu muncul seketika? Bagaimana penjelasannya secara kimiawi, aku tidak terlalu berkompeten untuk menjelaskan, karena backgroundku juga di akuntansi yaa, jadi gak pernah bahas secara ilmiahnya perihal ini. Tapi berdasarkan best practice, beberapa hal yang menyebabkan kantuk itu muncul antara lain:

  • Kegiatan yang dilakukan monoton. Kemonotonan ini menimbulkan kebosanan yang amat sangat sehingga berujung pada ngantuk.
  • Sebagai subjek pasif. Gerak yang kurang, kondisi ini rawan banget menjadi ngantuk yang luar biasa.
  • Suasana yang sejuk. Biasa terjadi di kegiatan yang diadakan di ruang ber AC, dingin-dinginya itu lo, enak banget di bawa tidur.
  • Perut terlalu kenyang atau terlalu lapar. Kekenyangan ini memang rawan banget, maka nya untuk acara-acara atau rapat yang diselenggarakan paska makan siang itu rawan peserta nya diserang ngantuk. Pun halnya jika terlalu lapar, berdasar pengalaman ini juga menyebabkan ngantuk, mboh bagaimana proses kimiawinya bisa terjadi.
  • Habis minum obat yang berindikasi pada rasa ngantuk. Nah ini juga, tujuan ada zat penyebab ngantuk itu agar yang sakit itu bisa beristirahat dengan lebih tenang, karena biasa terjadi yang saat dalama kondisi sakit mengalami kesusahan saat tidur.

 

Kemudian, berdasarkan hasil riset yang tidak ilmiah, kegiatan-kegiatan yang rawan ngantuk adalah:

  •  Saat khutbah shalat jumat. Sekali-kali cobalah perhatikan saat khutbah, hitung berapa orang yang kepalanya masih berdiri, hehehe.
  • Saat training/ceramah yang bersifat satu arah. Apalagi di dukung oleh pasca jam makan siang, pembicara nya juga adem ayem, wah ngantuk banget tuh.
  •  Saat meeting atau rapat. Mungkin ada banyak hal yang dibahas yang mana tidak ada keterlibatan kita di beberapa agenda, sehingga hal ini juga menimbulkan kebosanan yang berujung pada ngantuk. Saat nulis ini, aku sedang meeting nih, tadi ngantuk berat.
  • Saat sedang kuliah. Ya hamper sama kayak training, ini rawan ngantuk juga (pengalaman sering tidur di kelas..:D)
  •  Saat jadi penumpang mobil. Mengapa bisa? Karena roda mobil itu bundar, coba kalau kotak-kotakan gitu pasti gak ada yang ketiduran di atas mobil.

Bagaimana mengatasinya? Bukan melalui riset ilmiah sih, hanya dari beberapa pengalaman yang membuktikan:

  •  Saat kantuk menyerang, coba lihatlah orang-orang di sekeliling kita yang juga ngantuk-ngantukan juga. Kadangkala ini manjur lo, karena lucu aja ngeliat orang tidur-tidur ayam gitu,sehingganya ngantuk ilang.
  •  Bisa juga dengan melakukan stretching ringan, untuk mengaktivasi tubuh.
  •   Cuci muka, cukup manjur, walau beberapa orang setelah cuci muka ngantuknya datang lagi.
  • Berwudhu. Katanya ngantuk itu datang dari setan, kalau kita bawa berwudu setan nya akan kabur.
  • Jadilah pendengar yang aktif, dengan banyak bicara dan bertanya sehingga suasana nya tidak monoton lagi.
  • Untuk kegiatan yang bersifat satu arah dan tidak bisa bertanya tiap waktu, dengarkan materinya dan coba siapkan pertanyaan untuk ditanyakan di akhir sesi, sehingga otak bekerja dan ngantuk kemungkinan besar hilang.
  • Lakukan kegiatan-kegiatan yang membuat bergerak dan berpikir, sehingga ngantuk bisa hilang untuk menghilangkan kebosanan.

Dan tulisan ini pun selesai seiring dengan selesainya rapat sore ini. Alhamdulillah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s