Kenapa Harus Memilih? (Pemilu 2014)

Posted: March 28, 2014 in curcol abiss :D, diagnosa
Tags: ,

pmiluKenapa harus memilih? Karena hidup sejatinya adalah sebuah pilihan. Bagaimana dan seperti apa hidup yang akan kita jalani kemaren, hari ini, dan yang akan datang tentu nya berangkat dari sebuah pilihan yang kita tetapkan. Baik itu karena benar-benar ditimbang dengan masak dan matang, pilihan karena sebagai follower, ataupun pilihan yang terpaksa untuk dipilih. Hidup ini sederhana aja kawan, ada pilihan baik atau buruk, benar atau salah, pahala atau dosa, indah atau jelek, surga atau neraka, ibadah atau maksiat, dan pilihan-pilihan lainnya dalam hidup.

Kalau lagi galau-galau nya, topik memilih ini tentunya akan aku arahkan pada memilih pasangan, hehehe. Tapi gak mau bahas itu dulu lah, secara praktiknya belum jalan, agak kabura maktan kiranya kalau membahas hal tersebut. Semoga tahun depan aku dah bisa menulis perihal tersebut dalam artian sudah terpenuhinya separuh agama tersebut. Nah, iya kan masih bahas memilih dalam artian tersebut. Stop, please!

Nah, tahun 2014 merupakan tahun politik nih di Indonesia. Tanya kenapa karena pada tahun ini ada pesta demokrasi 5 tahunan di negeri yang kita cintai ini. Bagaimana nasib Indonesia untuk 5 tahun kedepan sedikit banyaknya akan dipengaruhi oleh hasil dari pesta demokrasi kali ini. Baik buruknya keberjalanan negeri ini tentunya ditentukan oleh siapa yang sedang menjadi nakhoda nya, siapa yang memimpin nya. Nah, para pemimpin negeri ini tersebut baik di lembaga legislatif maupun eksekutif akan dipilih dan ditentukan pada tahun ini. Yakk, siapa yang akan menjadi wakil rakyat dan yang menjadi presiden RI untuk 5 tahun kedepan adalah berdasar hasil pilihan rakyat pada 9 April nanti.

Berkaca pada waktu sebelumnya, memang ada kemirisan atas apa yang kita lihat terhadap track record dari para wakil rakyat tersebut. Korupsi, kolusi, suap, aksi susila, dan berbagai perbuatan tak layak lainnya senantiasa seolah sudah menjadi karakter bagi anggota legislative. Jadi wajarlah kiranya jika memang sampai ada yang berpendapat bahwa golput adalah pilihan terbaik alih-alih memilih manusia-manusia yang seperti demikian tersebut. Tapi eistss, tunggu dulu, gak bisa digeneralisir juga sebenarnya bahwa semua aleg akan berkarakter seperti yang banyak diberitakan media. Bahwa ternyata masih ada beberapa mutiara indah di dalam kolam yang penuh berlumpur tersebut, hanya saja mungkin jumlahnya tidak banyak dan tidak terlihat karena saking kental dan besar lumpur yang mengelilinginya. Namun, yakinlah walaupun di tengah-tengah lumpur tersebut sang mutiara tetaplah murni dan bersih ketikan diangkat, noda lumpur tidak masuk sama sekali ke dalamnya. Nah, demikian juga halnya atas manusia-manusia yang ada di senayan tersebut, di tengah-tengah busaran tikus-tikus berdasi tersebut, masih ada mereka yang benar-benar tulus berjuang demi bangsa dan rakyatnya, berupaya menjadi tameng atas ketidakbenaran-ketidakbenaran yang terjadi walaupun acap kali karena besarnya ombak ketidakbaikan tersebut sehingga tamengnya seolah-olah tidak berarti. Tinggal bagaimana caranya agar mereka yang tetap menjadi tameng kebaikan ini jumlahnya diperbanyak, sehingga kedepannya mampu melawan arus kebatilan yang ada tersebut.

Dengan demikian, menurut saya golput bukanlah menjadi pilihan yang tepat atas keterputusasaan atas pilihan yang ditemukan. Justru ketika kita diam, membiarkan mereka yang bathil tadi semakin berpeluang menduduki jabatan-jabatan strategis tersebut. Karena di aturan pemilu kita suara golput sama sekali tidak diperhitungkan, yang dihitung adalah suara yang benar-benar masuk ke dalam kotak suara. Maka telitilah, risetlah, kepoinlah calon-calon legislative tersebut, siapakah diantara mereka yang benar-benar memiliki track record baik dan yang benar-benar tulus untuk menduduki jabatan tersebut serta memegang teguh amanah yang diberikan demi memberikan kebaikan. Ada banyak cara yang dilakukan, selain melalui kampanye2 yang diberikan oleh masing-masing calon, juga ada sekarang nih web-web yang menampilkan profil caleg, diantarannya www.checkyourcandidates.org dan www.jariungu.com. Terlebih lagi kalau kita benar-benar kenal secara real caleg tersebut, sehingga bisa benar-benar dinilai bagaimana kepribadian orangnya sesuai dengan preference yang kita miliki. Seperti saya misalnya yang salah satu memang pertimbangannya adalah caleg yang taat dalam beragamanya serta dekat dengan Allah SWT, kalau untuk caleg perempuan bisa terlihat juga dari tampilannya dalam kesempurnaan dalam berhijab. Dan juga saya juga ber preference kepada mereka yang telah selesai dengan dirinya sendiri dalam artian sudah mapan secara materi sehingga menjadi caleg tidak menjadi tujuan Utama dalam perolehan nafkah tiap bulannya. Itu adalah diantaranya preference saya atas caleg yang akan dipilih nanti, mungkin anda bisa jadi punya preference yang lain lagi, tentunya dengan harapan memilih berdasarkan pertimbangan orang-orang yang akan mampu berkontribusi optimal nantinya ketika dia benar-benar terpilih.

Selamat menikmati pesta demokrasi 2014. Semoga para pemimpin yang terpilih berikutnya adalah mereka-mereka yang dalam amanahnya hanya berharap terbentuknya Indonesia yang lebih baik dan bermartabat serta kebaikan dari Allah Pencipta Alam Semesta. Dan juga semoga kedepannya lahir pemimpin yang mereka mencintai rakyatnya dan rakyatnya yang mencintai mereka, dibawah naungan dan ridha Allah SWT, aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s