Kota Baru Gunungnya Bamega

Posted: February 13, 2014 in curcol abiss :D
Tags:

Memang takdir seseorang tak bisa ditebak dan terbayangkan, siapa yang nyangka aku dulu yang tahu nya cuma Payakumbuh, Sumatera Barat dan sekitarnya, tiba-tiba aja sudah berada di Yogya, menuntut ilmu lebih kurang 4 tahun di sana serta sempat dengan mengunjungi beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Solo, Bali, Makassar, dan beberapa kota lainnya. Kemudian, selesai kuliah di Yogya takdir mempertemukan ku di Kota Balikpapan, Kota Minyak yang ada di Pulau Borneo. Tidak berhenti hingga disitu, setahun melalangbuana di Balikpapan, aku di pindahtugaskan ke Kota Baru, Kab Pulau Laut, Kalimatan Selatan. Saat memberitahu perihal kepindahanku ini, ada banyak kerabat dan sahabat yang sempat bertanya saat disebut Kota Baru.

“Kota dimana itu?”, “Apakah ada di peta?”, kira-kira begitulah komentar yang muncul saat aku memberitahukan tentang adanya nama Kota Baru di Kalimantan Selatan ini kepada mereka. Jadi dimanakah Kota Baru itu? Aku belum tahu sepenuhnya, namun seminggu berada di kota kecil ini setidaknya aku bisa sedikit bercerita banyak tentang kota ini.

indexKota Baru terletak di sebuah Pulau Laut di selatan Kalimantan. Saat perpindahan dari Balikpapan ke Kota Baru ini, aku melewati jalur darat selama lebih kurang 15 jam-an (include perjalanan dengan ferry). Sebenarnya ada jalur udara dengan dua kali naik pesawat Balikpapan-Banjarmasin-Kota Baru. Tapi karena aku harus bawa barang banyak dan bawa mobil juga, akhirnya pake mobil aja ke Kota Baru nya ini. Cukup melelahkan memang, tapi karena nya aku tahu wilayah-wilayah yang aku lewati dari Balikpapan (Kaltim) hingga ke Kalsel. Pukul 06.00 pagi aku berangkat dari rumah menuju Pelabuhan penyebrangan Karianggau, sesampainya disana nunggu sekitar setengah jam, setelah itu baru naik kapal. Namun ternyata ferry nya baru berangkat jam 8 lebih, sehingga sampai di sebrangnya yaitu penajam pada pukul 09.00. Dari penajam jalan lurus terus menuju Banjarmasin. Hanya saja jalannya banyak berlobang sehingga harus bener-bener hati-hati dalam menjalankannya.

Setelah melalui perjalanan panjang dan melelahkan, akhirnya aku tiba di Batu Licin pada pukul 17.30 WITA. Kemudian, shalat maghrib disana dan dilanjutkan dengan naik ferry untuk menyebrang ke Kota Baru nya yang terletak di Pulau Laut. Ada lebih kurang 1 jam-an di atas ferry, dilanjutkan dengan perjalanan darat lagi menuju kota. Ternyata pelabuhan penyebrangan tersebut masih jauh dari kota, ada sekitar 40 km perjalanan sehingga benar-benar sampai di Kota Baru, dan sekitar pukul 21.00 aku tiba di rumah dinas Mas Dandi (rekan kerja se kantor). Untuk beberapa hari aku menginap di rumah tersebut, hingga menemukan rumah kost, alih-alih nginap di hotel yang memotong uang pindahku. Dan hingga tulisan ini dibuat, aku masih numpang rumah, karena belum menemukan kost yang pas dan sesuai untuk di tempati.

Sebelumnya aku pernah singgah di Kota Baru ini, lebih kurang 1 tahun yang lalu saat menjadi perwakilan Keuangan untuk melakukan stock opname akhir tahun di Senakin, sehingga nya Kota ini tidaklah terlalu asing bagi ku. Aku sempat berpikir, apa pas saat itu aku kebanyakan minum air sini kali yakk? Sehingga nya malah dapet penempatan sini, hehehe. Tapi gak tahu deh, mitos Kalimantan kan katanya gitu, kebanyakan minum air nya malah akan balik lagi ke lokasi tersebut , hehe. Walaupun sempat shock saat mengetahui akan dimutasi ke sini, tapi sekarang ya sudahlah, aku ikhlas saja menjalani takdir hidup ini, yang pasti dan yakin bahwa Allah telah menyiapkan scenario terbaik untuk diriku ini. Mengutip pernyataan Ust Salim A Filah, tidak tahu apakah yang terjadi ini rahmat atau bencana, yang pasti aku senantiasa berhusnuuzhon pada Allah SWT.

Kota Baru Gunungnya Bamega, sering disebut demikian karena ada gunung yang bernama Gunung Bamega disini, dan ada lirik lagu nya. Berikut lirik lagu nya:

 

Wayah pang sudah
Hari baganti musim
Wayah pang sudah

Kotabaru gunungnya Bamega
Bamega umbak manampur di sala karang
Umbak manampur di sala karang

Reff
Batamu lawanlah adinda
Adinda iman di dada rasa malayang
Iman di dada rasa malayang

Pisang silat tanamlah babaris
Babaris tabang pang bamban kuhalangakan
Tabang pang bamban kuhalangakan

Back to Reff

Tadi malam bamimpilah datang
Badatang lawan si ading lawan si ading
Rasa bapaluk lawan si ading
Rasa bapaluk lawan si adding

 

Belum paham apa maksudnya lirik diatas, tapi yang pasti saat disebut Kotabaru, maka orang-orang akan mengarah pada Kotabaru Gunungnya bamega tersebut.

Kotabaru kota relative sepi dan kecil. Yaa, muter-muter nya disitu-situ aja, 3 minggu disini bahkan sampai udah bingung mau makan dimana lagi. Kalau bagi yang hobi shopping dan mejeng di mall, jangan harap bisa bertahan hidup di Kotabaru, walaupun menjadi ibukota Kabupaten Pulau Laut, disini tidak ada mall. Bahkan kalau mau KFC harus nyebrang dulu ke Batu Licin. Beberapa teman yang biasa hidup di kota memang menyatakan amat bosan, karena tidak bisa menemukan entertainment disini. Bahkan (lagi), kemaren ini saat terkena batuk, mencari obat aja susahnya mak jang… pun dalam hal fasilitas kesehatannya, tidak begitu bagus. Kata salah seorang teman, disini dilarang sakit, hehehe.

Dari segi suhu, walau di dekat laut, disini tidaklah terlalu panas, mungkin karena juga dikelilingi oleh pegunungan sepertinya, sehingga udaranya relative sejuk. Kemudian, dari segi biaya hidup, di Kotabaru lebih tinggi dari kota lain, bahkan dari Balikpapan. Kalau sekali makan disini itu yaa 25-30rb lah, kalau warung-warung kecil ada juga sih yang tersedia nasi kuning atau nasi pecel seharga 10rb-an. Tapi kalau tempat makan pada umumnya adalah pada harga segitu. Itulah sebabnya untuk tunjangan lokasi di Kotabaru memang lebih tinggi dari pada saat berada di Balikpapan dulu.

Yaa, begitulah segenap beberapa hal yang aku ketahui dari kota kecil ini setelah hidup disini dalam 3 minggu terakhir. Walau jujur harus ku katakan, hingga saat ini relative masih merasa nyaman untuk tinggal di Kota Balikpapan. Tapi yang terjadi biarlah terjadi, dan biarkan kunikmati indahnya takdir ini.

Comments
  1. jupz says:

    kalau saya ke kotabaru mampir ya mas 🙂

Leave a Reply

