Perjuangan Penyelesaian Karya Tulis Kesarjanaan [5-tamat]

Posted: January 7, 2014 in curcol abiss :D
Tags: ,

Sebelumnya bercerita hingga https://anggiawan23.wordpress.com/2013/12/23/perjuangan-penyelesaian-karya-tulisa-kesarjanaan-4/

Jadwal sidangku adalah dimulai pada pukul 13.00 WIB. Semuanya sudah dipersiapkan, ringkasan materi untuk direview2, kartu ujian, pakaian sidang (kemeja putih, dasi hitam, bawahan hitam), sengaja aku beli baru semua agar menimbulkan kesan positif dihadapan penguji. Kalau pengujinya udah ilfil duluan bisa brabe tuh.

Hari penentuan pun datang, pukul 11.00 aku berangkat ke kampus, dengan stylan baju putih, celana bahan hitam, sepatu hitam, beserta dasi tentunya. Setelah dhuha, pamit dengan member yang ada di dorm, mengucap bismillah..aku siap untuk berjuang hari ini. Kuliah 4 tahun, akan ditentukan pada hari ini. Semoga ridha orang tua dan berkah dari Allah membawaku pada kemudahan dalam menjalani hari ini.

Setelah shalat Zuhur berjamaah di Mushala kampus, aku sempatkan untuk berdoa pada waktu mustajab terakhir kalinya sebelum menjalani hari yang akan terasa panjang tersebut.

Pukul 13.00 Wib, di lantai 2 kampus FEB UGM (lupa ruangan berapa), beberapa teman pejuang Oktober yang lain pun telah datang, untuk sekedar memberi semangat dan support untuk kami yang akan berjuang hari ini, yaitu ada aku, Yudhis, dan Seno. Para dewan penguji pun telah datang, yaitu Pak Taura, Pak Irfan, dan Bu Choirunnisa. Dan aku ternyata, mendapat giliran yang ketiga untuk diuji. Baik pendadaran maupun kompre tersebut dilakukan oleh masing-masing mahasiswa melalui sidang tertutup. Yudhis pun selesai, sambil menunggu Seno, aku manfaatkan untuk diskusi singkat dengan Yudhis, mengenai pengalaman mereka di dalam, mudah-mudahan menjadi tambahan input saat aku presentasi nanti. Satu hal yang aku dengar adalah, para penguji tersebut terlihat seolah cuek dan tidak memperhatikan saat kita presentasi. Salah satu teman berucap itu bisa jadi merupakan uji mental bagi kita. Dan bagiku, aku kuat-kuatkan aja deh nantinya, tinggal mengimplementasikan apa-apa yang telah di latihkan pada malam tadi. Dan, giliran ku pun tiba. Ruangan terasa dingin dari biasanya, tidak mengerti apakah ini AC nya yang terlalu dingin atau memang kadar grogiku yang semakin meninggi. Bismillah, semoga dilancarkan untuk waktu 1 jam kedepan.

Waktu presentasi adalah 15’, aku yakin setidaknya tampilan presentasiku terlihat apik dan cantik, karena format presentasinya aku peroleh dari presentasi juara Pimnas, tinggal ganti konten sehingga tampilannya terlihat menarik. 15’ berjalan begitu saja, benar juga kata Yudhis tadi, bahwa tidak semua penguji untuk benar-benar memperhatikan dengan seksama bahkan terlihat mereka mengobrol saat aku presentasi. Melihat hal demikian, aku mengacuhkan tata atur berpresentasi yang pernah aku pelajari dalam hal interaksi dengan audience, gak mungkin dong aku mengajak mereka main games untuk memfokuskan perhatian mereka. Ya sudah, aku presentasikan sebagaimana planning awal.

Tibalah saat sesi pertanyaan, walau terlihat tidak memperhatikan dengan seksama saat presentasi, sepertinya para dewan penguji tersebut sudah memahami skripsiku dan sudah menyiapkan pertanyaan yang pantas untukku. Dan alhamdulillahnya, pertanyaan-pertanyaan yang terlontar sesuai prediksiku dan bisa terjawab dengan baik. Terlebih lagi, salah seorang penguji Pak Irfan adalah pengajar Mata Kuliah Agama Islam II, dan topik skripsiku banyak berbicara tentang Ekonomi Syariah, mudah-mudahan ini dapat melunakkan hati beliau pikirku. Alhamdulillah, sesi pendadaran ini berjalan lancar, walau ada sedikit revisi atas skripsi yang mana itu juga datangnya dari Dewan Pembimbing ku sendiri, ini terkait agak kurang memperhatikan diriku saat sesi konsultasi terakhir.

Berikutnya adalah, sesi kompre, ketegangan sebenarnya ada di sesi ini. Dan kebanyakan yang harus mengulang sidang karena kegagalan pada saat kompre ini. Urutannya sama seperti pendadaran tadi, sehingga aku kompre diurutan paling akhir. Salah satu keuntungannya adalah, bahwa setidaknya aku bisa melihat mapping teori dari pertanyaan yang disampaikan dewan penguji setelah Yudhis yang menjadi giliran pertama. Waktu berjalan, Yudhis pun keluar, terlihat ekspresinya sedih kali, tidak seperti saat keluar pada pendadaran tadi. Ada pertanyaan yang tidak terjawab, demikian akuan Yudhis. Kemudian, saat Seno keluar, ekpresi kesedihan tambah parah, bahkan terlihat mata nya merah hampir menitikkan air mata, karena tak terjawabnya pertanyaan. Alahmakk, tambah mengerikan aja rupanya, giliranku pun untuk masuk, sudah menunjukkan pukul 4 lebih, semoga di sisa-sisa waktu ini para penguji tidak terlalu ngotot untuk “membantai” secara akademis pikirku.

Ada 3 topik bab bahasan utama yang diujikan saat kompre ini, yaitu Teori Akuntansi, Pengauditan, Sistem Pengendalian Manajemen. Sehingga kita sebgai mahasiswa sebelum kompre cukup berkutat berkisar materi tersebut. Walaupun kita hanya berkutat pada 3 materi kuliah tersebut, namun sejatinya membahas ketiganya hampir sama aja dengan membahas seluruh materi accounting, karena hal ini memang berkaitan. Sebulan sudah aku berjuang, mendalami lagi materi-materi sudah pernah diambil mata kuliahnya, dan di hari ini adalah penentuannya, seberapa paham dan mengertikah aku dan segala materi tersebut, yang juga hasil kompre ini menunjukkan apakah ada perbedaan pengetahun yang dimiliki saat sebelum dan sesudah selesai kuliah. Dengan mengucap bismillah, aku melangkah masuk ke dalam ruang uji.

Saat masuk, aku duduk di meja depan, dengan menghadap pada ketiga pengujiku. Sebelumnya ditanya apakah aku siap untuk ujian? Karena kalau belum siap, dipersilahkan keluar dan bisa mendaftar untuk ikut ujian pada bulan depannya. Tentu saja dengan mantap aku bilang Insyaallah siap. Mulailah mereka bertanya, untuk satu penguji menanyakan satu topik, Bu Choi untuk SPM, Pak Irfan untuk Auditing, dan Pak Taura untuk Teori Akuntansi.

Untuk pertanyaan tentang SPM, pada soal pertama aku gak ngerti maksudnya, karena seingatku belum pernah nemu perihal yang ditanyakan tersebut walaupun itu masih dalam lingkup dasar. Aku mencoba untuk meminta keterangan lebih jelas dengan maksud pertanyaan, alhamdulillah aku bisa mengerti pertanyaan yang dimaksud dan bisa menjelaskannya untuk lebih panjang lebar, termasuk ketika ditanya juga perihan contoh kasusnya, alhamdulillah. Kemudian, giliran pertanyaan perihal Auditing yang disampaikan oleh Pak Irfan, alhamdulillah begitu senang mendengar pertanyaannya karena aku paham dengan yang ditanyakan sehingga bisa menjelaskan panjang lebar. Dan terlebih lagi Pak Irfan hanya bertanya pada satu soal, duh senangnya hatiku. Pak Irfan tentu paham betul dengan kegugupan mahasiswanya sehingga ia tidak mempersulit anak didiknya, hehehe.

Dan terakhir adalah pertanyaan utk topik Teori Akuntansi, yang disampaikan oleh Pak Taura, sebenarnya aku merasa lebih tenang, karena Pak Taura ini adalah DPS ku sehingga aku berpikir beliau akan memberikan kompensansi dengan pertanyaan yang lebih mudah untuk dimengerti, hehe. Namun, ternyata tidak juga, Pak Taura memang lebih banyak bertanya perihal yang sifatnya isu uptodate akuntansi saat ini dan case study, seperti IFRS, UU Auditor, dll. Termasukpun diriku saat ini, sepertinya akan diperlakukan sama seperti mahasiswa lainnya, setelah diminta menjelaskan hal-hal dasar dalam teori akuntansi kemudian aku diberikan case study perihal leasing, karena saat itu leasing adalah termasuk isu hangat yang baru dituangkan pada PSAK. Saat itu ditanya perihal gedung yang awalnya disewa dalam beberapa tahun kemudian di akhir tahun sewa gedung tersebut menjadi pemilik penyewa, pertanyaannya apakah ini termasuk capital lease atau operational lease dalam pemcatatannya? Agak sempat bingung untuk menjawabnya, akan tetapi dari teori yang aku pahami saat itu adalah termasuk capital lease. Bagaimana jawaban ku? Salah BESAR katanya, sambil menyatakan bahwa aku berarti belum membaca PSAK terbaru, yang mana merujuk pada IFRS, dan kasus diatas dari sisi IFRS masuk kepada operational lease. Dan itu adalah akhir pertanyaan untukku, dan setelahnya disuruh keluar. Alahmakkk, ending yang kurang baik. Semoga aja gegara leasing sialan tersebut bukanlah menjadi penyebab gagalnya aku di kompre ini pikirku.

Aku keluar lebih cepat, mungkin karena sudah sore sesi kompre ku adalah lebih cepat dari teman lain yang lebih dahulu. Namun, walau demikian tetap aja mengecewakan, ending kompre ku ditutup dengan kesalahan jawaban. Ada lebih kurang setengah jam kami menunggu keputusan, para dewan penguji itu sedang merapatkan untuk nasib kami kelak, bisa kah untuk berwisuda bulan November ini? Kami mengaminkan, semoga kami bertiga lulus semua, pun halnya support dari rekan-rekan lain yang ikut menemani.

Kami bertiga pun dipanggil ke ruangan. Ada sedikit review dan evaluasi atas jawaban-jawaban yang kami berikan dari Dewan Penguji, dan sedihnya adalah yang disampaikan adalah kegagalan2 atas jawaban yang kami berikan saat sidang kompre tadi. Wahh, pertanda kurang baik nih, begitulah sangkaan kami bertiga. Dan hasilnya adalah…

“Selamat, kalian lulus!!!”, demikianlah yang disampaikan salah satu dewan penguji.

Apa?? Lulus?? Serasa dunia bergoncang, alangkah indahnya sore itu terasa, kami semua bertiga lulus. Sudah berhak menyandang titel SE sekarang. Segera kami menyalami ketiga dewan penguji sebagai ucapan terima kasih, dan diluar sudah disambut oleh sahabat-sahabat yang lain mengucapkan selamat atas kelulusan kami.

Alhamdulillah, perjuangan pendidikan di kawah candra dimuka di FEB UGM ini berakhir sudah. Atas amanah SE yang disandang, tentunya ada tanggunjawab baru atas ilmu-ilmu yang dimiliki. Berharap semoga ilmu yang aku peroleh ini adalah keberkahan, sehingga memberi manfaat pada orang banyak.

Sejatinya, lulus kuliah bukanlah akhir dari perjuangan. Namun, ini merupakan awal dari pengecapan atas kerasnya kehidupan tersebut. Pertanyaannya, apakah kita tetap mampu mempertahankan idealita dan nilai-nilai saat menjadi mahasiswa tersebut? Biarlah waktu menjawab, yang penting aku berniat saja untuk senantiasa berbuat kebaikan.

IMG_1382 IMG_1451 IMG_1441 IMG_1340 338905_2344412983249_1637751464_2339954_1332464556_o 336788_2344488105127_1637751464_2339986_400344985_o

Comments
  1. suararaa says:

    Wah seneng ya langsung lulus…. selamat. Aku mah waktu itu ngulang
    ..hahahahahha

  2. yesi says:

    pak boleh saya merujuk dari skripsi bapak?

Leave a Reply

