Perjuangan Penyelesaian Karya Tulisa Kesarjanaan (4)

Posted: December 23, 2013 in curcol abiss :D
Tags: ,

Cerita sebelumnya hingga..

https://anggiawan23.wordpress.com/2013/11/06/perjuangan-penyelesaian-karya-tulis-kesarjanaan-3/
Oktober 2011 menjadi saksi, 17 hari yang tersisa merupakan masa latihan untuk menghadapi perperangan pada tanggal 18 Oktober nya. Ya, sudah ditentukan bahwa jadwal sidang ku jatuh pada tanggal 18 Oktober jam 13.00 WIB, dengan dosen penguji yang alhamdulillah semua terkategori baik atau tidak populer dengan killer nya, dan sangat baik malah. Sudah lumrah, bahwa memang ada dosen-dosen tertentu yang tiap mereka menguji trend selalu ada yang tidak lulus, dan alhamdulillah aku terhindar dari dosen yang seperti demikian tersebut.

Satu hal yang aku syukuri dengan jadwal lulus yang masih dalam waktu normal (4 tahun) ada begitu banyak saudara seperjuangan seangkatan, sehingga ada punya banyak teman diskusi dan pendalaman materi, apalagi untuk kompre ini, pertanyaan-pertanyaannya kebanyakan diluardugaan sehingga diskusi intensif amat dibutuhkan untuk menajamkan analisa pemahaman atas materi yang diujikan. Ada tersedia waktu lebih kurang 3 minggu untuk mempersiapkan semuanya. Setiap detik yang ada begitu berharga saat ini pikirku. Sehingga nya aku harus mengomunikasikan dengan beberapa rekan partner dalam mengurusi beberapa hal untuk mau berhibernasi dalam beberapa hari. Namun, walau demikian kefokusan dan konsenstrasi untuk mempersiapkan kompre dan pendadaran ini pun tetap diselingi mengurusi beberapa hal tersebut, rapat mingguan, ngurusin Neuron Award yang sudah deket deadline nya, atau pun  mikirin SCCF. Prasangka baik ku adalah semoga waktuku yang habis untuk mengurusin kepentingan orang yang lebih banyak atau bahkan untuk dakwah tersebut semoga akan diganti dengan kemudahan saat sidang nantinya oleh Allah SWT. Siapa yang menolong agama Allah, maka Allah akan menolongnya dan meninggikan kedudukannya.

Hari berganti dan waktu pun terus berputar tanpa terasa, kami yang menamakan diri pejuang Oktober sudah makin kerasnya aja diskusinya di dalam perpus, sehingga amat diyakinkan mengganggu pengunjung perpus yang lain. Tapi tak mengapa lah secara kita-kita yang mendominasi isi perpus tersebut dan kita boleh dibilang sudah menjadi angkatan tertua saat ini, sehingga para junior2 tersebut mana berani bentak kita, hehehe. Tapi diskusi-diskusi hangat di perpus tersebut sungguh bermanfaat dalam pendalaman teori. Walaupun aku tetap butuh kesendirian merenungi tiap detail materi yang sering ditanyakan saat kompre, masa-masa sendiri tersebut aku ke perpustakaan gedung sebelah, yaitu perpus pasca sarjana FEB disana relatif lebih tenang kondisinya dan lebih bagus juga koneksi internetnya untuk browsing.

Saat itu sudah H-7 menuju hari H. Aku lebih banyak review2 materi yang ada dan untuk ketenangan seperti tersebut aku habiskan kesendirianku di perpus pasca sarjana, walau diskusi pejuang Oktober tetap ada di perpustakaan S1. Lagi asyik baca, hp berdering, nomornya gak ku kenal, tapi dari angka depannya aku tahu kalau itu adalah no dari Jakarta.

“Hallo selamat siang, benar ini dengan Saudara M. Zia Anggiawan?”, sapa saudara Mba’2 dari ujung sana.

“Iya, bener Mba’, dengan saya sendiri”, jawabku.

“Saya dari EY, sehubungan dengan hasil tes tertulis, kami ingin mengundang Saudara untuk mengikuti interview pekan depan”, tanyanya.

Sontak aku kaget, aku berpikirnya aku tidak diterima karena tes tertulisnya sudah berlangsung kira-kira satu bulan yang lalu, karena tidak ada penggilan lanjutan aku pikir aku gak lolos. Satu sisi aku cukup senang dengan panggilan interview ini, berarti rencana untuk masuk ke KAP ada terbuka peluang, tapi kenapa timingnya gak pas banget yaa. Kalau minggu depan, sangat mepet banget dengan jadwal sidangku. Ingin sekali rasanya utk datang ke Jakarta dan mengikuti tes ini, tapi di sisi lain aku juga harus mempertimbangkan sidang, mengingat faktor kebugaran dan konsentrasi sangat dibutuhkan saat sidang. Jika aku tes interview ini saat sudah balik ke Yogya pagi nya, siang nya aku sudah sidang, ah sesuatu yang sangat berisiko. Aku gak mau neko-neko, akhirnya akupun harus ambil keputusan.

“Tapi maaf Mba’, pekan depan saya akan Sidang Pendadaran, tidak bisa dimundurkan jadwalnya?”, requestku.

“Owh, mau sidang ya, sidangnya hari apa? Bisa dihubungi lagi hari apa?”, tanya petugasnya.

“Hari Selasa, tanggal 18 Oktober. Pada hari Rabunya saya sudah bisa dikontak lagi Mba’ untuk mengatur jadwalnya”

“Baik, hari Rabu besok kami hubungi lagi ya, terima kasih selamat siang”, jawabnya mengakhiri pembicaraan.

Ada kesenangan di sisi lain, berarti peluang untuk mengikuti interview ini masih terbuka pikirku. Walaupun di kemudian harinya yang ada hanyalah kekecewaan, ternyata aku tidak pernah dihubungi lagi oleh orang EY nya. Bisa jadi saat itu mungkin dia hanya basa basi kali ya pikirku. Akhirnya di kemudian hari aku berkesimpulan bahwa ini memang bukan takdirku, dan hari ini aku mensyukuri dan mengerti hikmahnya. Seandainya saja saat itu aku dipanggil dan diterima di sana, belum tentu aku berkesempatan untuk bekerja di Pertamina seperti yang aku rasakan saat sekarang ini. Yaa benar, Allah punya cara tersendiri dan cara yang begitu cantiknya dalam menurunkan rezeki untuk hamba-hambaNya.

Kembali ke topik, singkat cerita hari penentuan itupun datang. Dua hari sebelumnya aku pun menyaksikan rekan-rekan yang terlebih dahulu jadwal sidangnya, wah senangnya bagi mereka yang sudah dinyatakan lulus dan berhak mendapat gelar SE, namun alangkah lara nya beberapa sahabat yang ternyata harus mengulang pada bulan depannya karena tidak lulus, dan yang tidak lulus itu semuanya adalah gegara pertanyaan saat kompre yang tidak bisa mereka jawab. Semakin aku khusyukkan shalat, dan memperlama waktu berdoa, berharap semoga hasil yang terbaik diberikan dan mendapat kemudahan saat hari H, bismillah.

(bersambung)

Comments
  1. […] Perjuangan Penyelesaian Karya Tulisa Kesarjanaan (4) […]

Leave a Reply

