Resolusi 1435 H?

Posted: November 6, 2013 in curcol abiss :D
Tags:

planAku menulis ini saat tanggal 2 Muharam 1435 H. Satu hari setelah tahun baru Hijriah. Di berbagai status FB, BBM, Twitter, dll banyak yang menyampaikan resolusi atau targetan-targetan yang ingin dicapai hingga setahun kedepan. Adapun terhadap diriku sendiri, ada sih target2an yang ingin dicapai, akan tetapi file2 life plan ku raib pasca kejadian kemalingan bulan lalu. Hingga saat ini belum lagi mampu tertuliskan rencana2 hidup hingga usia 50 yang pernah aku tuliskan di kertas kerja life plan tersebut. Nggak tau kenapa, sama sekali belum ada passion untuk menuliskan lagi. Sehingga boleh dibilang hidupku saat ini ibarat kapal tanpa navigasi tertulis, berjalan aja dari hari ke hari dengan seabrek aktivitas tanpa tahu akan kemana kapal ini berlabuh. Bismillah, semoga deh yaa ada semangat dan keinginan untuk menuangkan lagi, mengingat-ingat hal yang pernah aku tulis sebelumnya.

Kembali kepada resolusi tahun baru tadi, ada yang menarik dari hari kemaren, entah mengapa beberapa orang sahabat menanyakan pertanyaan yang sama, “Jadi kapan? Apa yang ditunggu lagi? Resolusi 1435 H yaa”. Hehehe, dengan enteng aku menjawab, “masih nunggu antrian”, sekian.

Yahh, disaat usia yang sudah menginjak 25 tahun, memang banyak sahabat-sahabat yang mempertanyakan. Khususnya yang sama-sama satu fikroh. Karena kebanyakan teman-teman seangkatan udah pada menyempurnakan separuh agamanya, walau sebenarnya yang belum menikah pun masih banyak juga sih, tapi entah kenapa mereka-mereka yang sudah lebih dahulu menikah tersebut suka sekali menggoda diri ini. Pun halnya di kelompok pengajian, acap kali dibully lah. Tapi ya sudahlah, aku tahu godaan mereka merupakan sebuah doa untukku sebenarnya atas hingga saat ini yang masih membujang, hehe.

Tentang menikah sebagai salah satu target hidup, saat masih secara rutin evaluasi dan update life plan ku, entah beberapa kali aku melakukan revisi atas life plan jangka panjang ini. Dulu saat pertama kali menuliskan life plan ini, aku tulis jelas akan menikah pada usia 25 (tahun 2013). Kemudian, pernah setelah mengikuti kelas kajian munakahat, dengan berani aku melakukan revisi untuk menikah tahun 2012, sesaat setelah lulus kuliah. Namun, tiba tahun 2012 yang mana kondisi belum memungkinkan aku revisi menjadi tahun 2013. Belum lama berjalan, saat awal tahun 2013, aku pun realistis diundur menjadi 2014. Dan sekarang saat sudah akan berakhir 2013, beberapa bulan yang lalu pun sudah sempat terpikir bahwa sepertinya target ini harus dimundurkan lagi, menjadi tahun 2015. Akankah kembali lagi mundur? Wallahualam, aku berserah saja lah pada Allah, entah kapan antrianku dapat giliran, yaa persoalannya pada antrian. Walau banyak yang komplain gak ada yang syariat perihal ini, tetapi ini sebenarnya persoalan etis aja, sehingga tiada lain yang dapat aku lakukan selain untuk bersabar.

Wallahualam lah ya, pun antrian ini sudah berakhir, aku pun gak tahu apakah berikutnya dimudahkan atau nggak. Bisa jadi berikutnya adalah persoalan “Who” nya, karena memang sebenarnya aku belum melakukan prosesnya, khawatir jika proses terlebih dahulu dilakukan sementara belum ada kepastian “When”, akan kurang baik kayaknya. Jadi, ikut alur yang berjalan aja, yang penting sesuai sunah aja. Terus ada yang bertanya, apakah tidak punya kecenderungan perasaan, tentu adalah ya, tetapi biarlah itu menjadi rahasiaNya, dan waktu akan menjawab semuanya.

Sebuah keyakinan menurutku adalah bahwa tiap orang sudah punya jatahnya masing-masing, gak akan mungkin amalan mu dilakukan orang lain kecuali diri kamu sendiri yang akan mengerjakan. Gak akan rezkimu diambil orang, jadi janganlah tergila-gila mengejar harta dunia sehingga meninggalkan akhirat, insyaallah rezkimu gak akan kemana. Tiap orang sudah punya jodohnya masing-masing, untuk itu perbaikilah dirimu hingga ketika waktunya tiba dipertemukan dalam keadaan yang sama-sama baik, karena wanita baik hanya untuk lelaki yang baik.

Wallahualambisshawab..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s