Archive for July, 2012

Maa Makna “amin”?

Posted: July 30, 2012 in hikmah
Tags:

Beberapa makna tentang kata  “amin”. Hal ini aku peroleh dari tausyah salah seorang sahabat di group chat whatsapp. Seumur-umur baru tahu akan beberapa makna kata amin ini. Semoga bermanfaat:

  1. Amin,  dengan alif dan mim pendek, artinya itu aman, tentram
  2. Aamin, dengan alif panjang dan pendek, itu artinya meminta  perlindungan keamanan
  3. Amiin, dengan alif pendek dan mim panjang, artinya jujur, terpercaya.
  4. Aamiin, dengan alif dan mim panjang, artinya Yaa Allah kabulkan doa kami.
  5. Amien, lafaz yang  lazim digunakan oleh penyembah berhala (paganisme) berasal dari nama Dewa Matahari (Mesir kuno Amin-ra) atau Amon Ra.

Demikianlah beberapa makna kata “amin”. Silahkan digunakan sebagaimana tujuannya.

Wallahua’alambisshawab.

Ramadhan, Momentum ZISWAF

Posted: July 27, 2012 in hikmah
Tags: ,

            Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keistimewaan dan keberkahan bagi umat muslim. Bagaimana tidak, sesuatu yang bernilai sunat pada bulan biasa, pada bulan ini dinilai sebesar pahala wajib. Sedangkan ibadah yang wajib dilipatgandakan sampai 70 puluh kali lipat, bahkan lebih. Sungguh bulan yang luar biasa dan merugilah orang-orang yang tidak bisa mengoptimalkan usianya untuk senantiasa memperbanyak ibadah dan amalan shaleh pada bulan yang suci ini.

Salah satu ibadah yang banyak dianjurkan oleh ulama untuk diperbanyak adalah zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Pada QS Al Baqarah ayat 162 disebutkan bahwa orang yang bersedekah ibarat ia menanam satu benih, kemudian benih itu tumbuh menjadi tujuh bulir yang mana tiap tujuh bulir itu masing-masing terdapat seratus biji, berarti jika kita bersedekah Rp 1000,00 saja berarti kita telah  menabung sebanyak Rp 700.000,00 di akhirat. Lanjutan ayatnya adalah bahwa Allah  akan melipatgandakan lebih banyak lagi sesuai dengan kehendaknya. Balasan yang berlipat ganda itu pada bulan biasa atau di luar bulan Ramadhan. Bisa dibayangkan, berapa kali lipat kebaikan yang akan diperoleh kalau amalan ini kita perbanyak pada bulan Ramadhan. Sungguh amat merugi bagi orang yang menyia-nyiakan kesempatan ini. (more…)

Sakinah Bersamamu..

Posted: July 27, 2012 in hikmah
Tags: ,

Barusan selesai membaca buku Sakinah Bersamamu by Asma Nadia. Cukup menginspiratif, walaupun sesungguhnya amatlah tepat kalau buku ini dibaca oleh bagi kaum muslimah, dan terkhususnya bagi yang mereka yang juga sudah menikah. Tapi gak apalah, aku laki-laki yang masih bujangan ini juga gak ada larangan untuk membacanya kok, hehe. Dari sana aku menemukan beberapa istilah inspiratif yang aku share di blog ini. Moga bermanfaat bagi pembaca sekalian 🙂

Cinta mestinya bagai sepasang sayap yang membawa kita terbang tinggi. Cinta mestinya bagai udara yang membuat kita selalu memiliki harapan. Tapi cinta mestinya juga bagai lukisan yang tak kunjung selesai, dengan begitu kita tak pernah meninggalkannya. (more…)

Duh, sedih badai deh..

Posted: July 26, 2012 in curcol abiss :D
Tags: ,

Seringkali secara tak sengaja nonton film ABG2 yang banyak ada di layar kaca (nah loh, gak sengaja kok bisa sering sihh..hehe), sempat beberapa kali mendengar istilah-istilah aneh bin alay. Karena itu tergerak untuk meng googling nya, dan nemu lah beberapa istilah berikut yang aku peroleh dari beberapa blog juga.

Hehe..sesuatu badai yahh..:D

1. Badai = Banget

contoh: aduh aku sedih badai deh

2. Gegana = gelisah galau dan merana

contoh : gue gegana badai deh hahahha

3. terus yang pake tripel double, itu juga dikatakan ALAY

contoh : double WAW, tripel keren

4. Zufefu : sumpah lu?

contoh: dia ketebrak mobil?, zufefu?

5. Zufefe : sumpah deh

contoh: biasanya untuk menjawab pertanyaan no.4

6. cucok : bagus

7. rempong=rumpi= repot

8. kamseupay = kampungan sekali udik dan payah

9. urwel = your welcome

10. madesu = masa depan suram

 

Apa Tujuan Hidup Kita?

Posted: July 24, 2012 in hikmah
Tags: ,

Maha suci Allah yang telah menciptakan alam dan segenap isinya. Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang merupakan sesuatu yang sia-sia diciptakan oleh Allah. Semuanya ada tujuannya, ada hikmahnya, hanya saja kedangkalan akal manusia yang tidak bisa menggapai makna dari setiap makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, Tuhan Pencipta Alam dan Segenap isinya.

Perumpamaan sederhana adalah seekor nyamuk atau serangga. Terkadang akal kita secara sederhana mengatakan bahwa nyamuk merupakan makhluk yang diciptakan secara sia-sia. Karena nya dapat mengganggu malam-malam kita, tidur kita, bahkan kalau bernasib buruk bisa berdampak terkena penyakit berbahaya, malaria atau demam berdarah. Akan tetapi sadarkah kita, ada berapa ribu bahkan juta orangyang menggantungkan hidupnya pada nyamuk? Yang mana mereka belum tentu bisa menafkahi diri dan keluarganya jika seandainya tiada nyamuk diciptakan di dunia ini. (more…)

Tanpa terasa lebih kurang 2 hari lagi kita akan memasuki bulan yang penuh keberkahan, bulan yang oleh para salafus saleh adalah bulan yang selalu ditunggu kedatangannya, bukan karena apa-apa, bulan ini adalah bulan yang luar biasa nilainya, ada banyak keistimewaan di dalamnya. Bulan ramadhan merupakan bulan yang pada masa itu pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, pintu surga dibuka selebar-lebarnya, dan para setan diikat sekencang-kencangnya. Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan yang di dalamnya banyak terdapat keistimewaan berupa maghfirah dan ampunan Allah yang tiada dua nya, kemudian juga ibadah-ibadah harian yang berlipat ganda nilainya. Bahkan kegiatan yang sederhana berupa tidur siang juga dihitung sebagai ibadah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “ tidurnya orang berpuasa itu adalah ibadah”.

Jika kita perhatikan secara seksama akan makna yang terkandung dalam bulan Ramadhan tersebut adalah wajar kiranya jika para sahabat Rasulullah dahulunya begitu menanti-nanti dengan suka gembira akan kedatangan bulan Ramadhan ini. (more…)

Ramadhan, Bulan Pertandingan

Posted: July 18, 2012 in hikmah
Tags: ,

Beberapa hari yang lalu sempat mendengar ceramah kultum Zuhur. Menghitung hari menuju 1 Ramadhan, topik tentang persiapan sebelum memasuki Ramadhan merupakan topik yang paling favorit disampaikan di berbagai forum. Seperti khutbah Jumat, kultum-kultum ba’da Shubuh atau Zuhur, dan tentu saja pada pengajian tarhib Ramadhan yang banyak diadakan di berbagai masjid.

Ramadhan memang bulan yang istimewa (more…)

Oleh Gading Ekapuja Aurizki

Rabu 4 Juli 2012 kemarin, ilmuwan Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) mengumumkan keberhasilannya menemukan partikel Higgs Boson. Higgs Boson adalah partikel elementer yang telah lama dicari. Ia dipercaya memberikan massa dan berperan dalam terbentuknya semesta. Bahkan diyakini tanpa adanya Higgs Boson, atom takkan tercipta, ikatan kimia tak terbentuk, dan semesta pun takkan ada. Para ilmuwan pun mengklaim bahwa mereka telah menemukan apa yang disebut dengan PARTIKEL TUHAN.
Penemuan partikel ini berguna mensahihkan Standar Model Fisika Partikel, terutama menerangkan mengapa suatu partikel memiliki massa sedangkan yang lain tidak. Diduga kuat partikel inilah yang memberikan massa kepada partikel-partikel lainnya setelah terjadi Big Bang. Dalam teorinya, sesaat setelah terjadibig bang semua partikel belum memiliki massa. Ketika semesta mendingin, gaya yang disebut medan Higgs terbentuk bersama partikel Higgs Boson. Interaksi dengan Higgs Boson inilah yang menentukan apakah suatu partikel memiliki massa atau tidak. Semakin kuat interaksi dengan Higgs Boson maka massa akan semakin besar, pun sebaliknya, ketika suatu partikel lolos dari pengaruh Higgs Boson maka ia bisa saja tidak memiliki massa. Salah satu contoh partikel yang tidak memiliki massa adalah foton cahaya. (more…)

I am Afraid..

Posted: July 6, 2012 in curcol abiss :D, English

It has been long time ago, I felt this feeling. When I was in Junior High School ten years ago, I was falling in love for the first time. My mind was abnormal, I couldn’t control it. Where ever, when ever, for some days, she was in my head. I was nervous when I was talking with her. I was jealous when I was seeing her with someone, although I hadn’t a special relationship with her. At that time, really, I hadn’t understood what the matter was with me. What was feeling that? It was so strange. Ten years ago, I was falling in love for the first time. (more…)