Mau Nulis Apa?

Posted: June 15, 2012 in curcol abiss :D
Tags: ,

Sejenak mikir, mau nulis apa ya? Mumpung gak ada kerjaan, seharusnya ada sesuatu yang bisa dituliskan. Ada begitu banyak kejadian, isu, fenomena yang tertemukan. How come? Diantara sekian banyak itu tidak ada yang bisa tertuangkan setidaknya satu halaman saja? Ayolah? Mikir..kalau gak mikir gak bakalan muncul itu ide.

Mau nulis apa ya?

Mau nulis apa ya?

Mau nulis apa ya?

Adakalanya, semuanya muncul mengalir begitu saja. Dari satu hal yang simple dan sederhana. Sekian halaman bisa tertuangkan. Apakah benar, tulisan itu layaknya wahyu, yang muncul secara tiba-tiba, tanpa pernah diminta. Dan gak akan datang walau udah mikir lama, kalau memang belum waktunya untuk datang. Tapi kenapa bisa ada orang2 yang bisa menuliskan gagasannya dengan begitu mudahnya dan dengan bahasa yang anggun? Hanya dengan menatap hamparan sawah, selesai sekian puisi dan sekian cerpen. Hanya dengan memandang langit, satu karya telah tercipta. Mengapa para novelis, kolomis bisa berbuat demikian?

Pertanyaan lagi, jadi menulis itu bakat atau keahlian? Kalaulah bakat, sudahlah..itu merupakan given dari Sang Pencipta. Akan tetapi kalau keahlian, berarti jika diusahakan, semua orang pasti bisa jika niat dan kemauan.

Hmm..aku bukanlah seseorang yang cukup berbakat sepertinya. Lah wong Cuma bisa menulis di blog aja, pernah sih di media beberapa kali, dengan hitungan jari. Dan itu pun juga dalam kondisi keterpaksaan. Nah, ini dia..seingatku, saat terdesak, ketika diminta suatu media untuk membuat tulisan, aku bisa membuatnya, dan gagasan itu hadir begitu saja. Dan jika dalam kondisi saat ini, tanpa ada tekanan dan paksaan, udah lama mikir, gak ada hal yang bisa tertuangkan.

Aku mulai memahami kata kuncinya, aku butuh seseorang yang memberikan paksaan. Pengalaman membuktikan, hal itu berdampak positif. Kalau demikian, siapakah yang bisa atau lebih tepatnya mau, untuk repot-repot memberi perhatian, mengingatkan, dan memaksaku sehingga ide-ide itu muncul, gagasan-gagasan tersebut tertuangkan. Jadi, demikian..aku butuh partner, teman hidup. APAAA??? Teman hidup??? Sudah saatnyakah? Sudah waktunya kah? Untuk me****h?

Gak tau deh. Yang pasti dalam waktu dekat ini belum. Bahkan dalam life plan pun masih terbilang lama. Yaa sudahlah..kita lihat aja nanti, kapan separuh agama itu terpenuhi.

Kembali lagi, jadi aku mau nulis apa ya? Ya sudahlah, hal yang gak jelas ini pun sudah menjadi tulisan. Lumayan satu halaman….:D

Comments
  1. saya juga begitu
    ada banyak kejadian yang ingin diceritakan melalui tulisan
    tapi begitu nulis satu paragraf
    eh… ilang deh tu ide-ide ntah kemana.

  2. anggiawan23 says:

    sebenarnya secara psikologis akan kembali lagi kpd karakter orang tersebut..ada orang yang memang mampu menuangkan ide2 dan gagasannya ke dalam tulisan dan message nya itu sampai kepada orang yang membacanya, tetapi ketika dia diminta untuk secara lisan menyampaikan, ternyata tidak seindah kalau membaca tulisannya..
    dan ada juga karakter orang yang mampu menyampaikan secara lisan, tetapi ketika menuangkan dalam bentuk tulisan, orang lain tidak bisa memahami ide dan gagasannya..
    tetapi juga banyak orang yang jago dua2 nya, pinter ngomong, pinter nulis..
    Nah, evaluasi aja, kita masih seperti apa? dan asahlah pada poin yang masih kurang itu..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s