“Bilakah Datangnya Pertolongan Allah?”

Posted: May 31, 2012 in hikmah
Tags: , , ,

“Jika kamu menolong agama Allah, maka Allah akan menolongmu dan meninggikan kedudukanmu” (QS Muhammad: 7).

Petikan ayat di atas senantiasa menjadi bagi penyemangat bagi para da’i untuk senantiasa bersemangat dalam menyampaikan kebaikan, menyampaikan untaian ayat demi ayat, agar semakin banyak orang yang berada dalam jalan Allah SWT. Suatu semangat bahwa walaupun tampak berat beban dakwah yang diemban, namun ada suatu keyakinan bahwa pertolongan Allah pasti akan datang, karena Allah tidak akan membiarkan hambaNya yang menegakkan agamaNya berada dalam kesulitan. Walau harus banyak yang terkorbankan, berupa tenaga, harta, bahkan jiwa. Namun ada keyakinan bahwa semua itu tidak akan hilang sia-sia begitu saja, tetapi akan diganti Allah dengan sesuatu yang lebih baik dari arah yang tidak disangka-sangka pertolongan itu datangnay.  Bahkan, Allah pun telah menjanjikan berupa ditinggikan kedudukan bagi mereka yang benar-benar ikhlas menolong agama islam ini.

Pun, walau demikian adanya, tentunya tidak sedikit kita temukan kondisi yang tidak sebagaimana idealnya. Seseorang yang pegorbanannya yang tidak perlu dipertanyakan lagi, namun terlihat begitu malang akan kesulitan-kesulitannya dalam hidup. Atau contoh sederhana, dari masing-masing kita tentu pernah mengalami bahwa terasa hidup begitu sulit dan banyak halang rintang, padahal sudah begitu banyak aktivitas dakwah yang dilakukan. Lalu, dimana pertolongan Allah itu?

Tidak sedikit da’i kemudian harus berguguran di jalan dakwah (dalam artian berhenti berdakwah, red) karena tidak sabar terhadap cobaan-cobaan yang datang, sehingga timbullah pikiran tidak ada waktu untuk memikirkan umat lantaran merasa kebutuhan pribadi dan keluarga saja belum terpenuhi. Berhenti berdakwah akhirnya menjadi pilihan.

Lalu dimanakah pertolongan Allah itu? Pertanyaan itu seringkali hadir di benak banyak aktivis dakwah ketika menemukan kondisi realita yang berbeda dengan idealita sebagaimana sering disampaikan dalam kajian-kajian. Apakah ini berarti Allah tidak menurunkan pertolonganNya? Lalu apakah dengan seenaknya bisa menyebut bahwa Allah telah ingkar terhadap janjinya tidak seperti yang ada di QS. Muhammad 7 tersebut? Nauzhubillah min zalik kalau sampai muncul pikiran demikian.

Ada baiknya kita perhatikan firman Allah berikut ini:

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam (cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS Al Baqarah: 214).

Yapp, bukannya Allah ingkar akan janjiNya, dan sesungguhnya Allah ada sebaik-baik yang menepati janji. Bisa jadi apa-apa yang kita alami merupakan suatu bentuk ujian dari Allah, untuk melihat sejauh mana keimanan dan ketaqwaan kita, dan sudah sejauh mana keistiqomahan kita dalam berdakwah tetap terjaga. Bersyukurlah bahwa Allah amat menyayangi kita, dengan adanya ujiannya itu, menjadi satu langkah bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik dan lebih tinggi derajatnya di mata Allah SWT, ketika kita mampu lulus melewati ujian tersebut.

Atau bisa juga ada kemungkinan lain, cobalah kita evaluasi lagi atas aktivitas-aktivitas dakwah yang kita lakukan. Apakah kita sudah benar-benar ikhlas berdakwah dalam rangka menggapai ridhoNya? Atau jangan ingin sekedar di cap sebagai aktivis dakwah? Atau karena kedudukan, wanita, dan lain sebagainya. Marilah kita evaluasi, jangan-jangan tanpa kita sadari kebaikan-kebaikan dan amal yang kita lakukan ternyata tidak benar-benar murni lillahi ta’ala, sehingga jika dengan demikian adanya, wajarlah jika kemenangan itu belum datang, pertolongan Allah tak kan menghampri kita.

Demikian semoga bermanfaat. Wallahualam bisshawab.

*Sebuah inspirasi dari forum pekanan 😀

Comments
  1. blogsakinah says:

    Tulisan anda bagus sekali, terima kasih atas info yang anda berikan
    Silakan ke blog saya juga yah di http://blogsakinah.wordpress.com/

  2. anggiawan23 says:

    terima kasih sudah berkunjung @Sakinah..salam kenal juga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s