gombalan ikhwan (sebuah diskusi)..:D

Posted: April 1, 2012 in curcol abiss :D
Tags: , ,

Epilog

Belum lama ini terlibat diskusi dengan salah satu sahabat yang kebetulan akhwat. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dipetik dari diskusi sederhana via WhatsApp ini. Beberapa diedit untuk memudahkan pemahaman tanpa mengurangi esensi. Sebut saja nama nya “Ani” (nama samaran).

 

Saya: Ann…liat di group conversation fb deh..kok pada foto di FB yakk? Bukannya akhwat gak boleh y?

Ani: apa perasaanmu  aja kali nggi? Hehe..gak ada dalil syar’i nya sih..tapi ini masalah akhwat menjaga dirinya dari fitnah’..ntar kalau ada ikhwan yang nge save foto nya piye?..aq jg sih nggi, tapi kalo di zoom kayaknya aq lg GB deh, muka nya gak keliatan…pendapatmu tentang ini gimana?

Saya: Oh..kamu ternyata iya juga ya? Bukankah itu kaitannya dengan masalah hijab yaa? Kalau ikhwan kan gpp..hehe

Ani: Hijab apa nih nggi? Hijab secara harfyah apa hijab secara hati..? kalau ikhwan ya iya lah..muka nya ikhwan gak menjual..haha

Saya: Huff..karena aku pernah gak sengaja baca artikel di dakwatuna.com..nanti deh tak post kan link nya..tapi inti nya aku gak setuju  sih..

Ani: gak setuju apa?

Saya : eh..maksudnya kurang sepakat kalau PP FB nya di pasang foto nya sendiri…

Ani : Nggi..giliran aku yang mau tanya..kenapa sih rata-rata ikhwan suka nge gombal??

Saya : ngegombal???maksudnya???  definisi gombalnya kayak gimana? Ikhwan ke akhwat? Kalau ke isteri kan memang dianjurkan..

Ani : ikhwan ke akhwat..misalnya kata-katanya lembut, terus suka ngasih perhatian dan sensitif sama akhwat..ups, kalau diperhatiin sama ikhwan gak kayak gitu banget..mungkin para ikhwan nya gak nyadar kali ya?? Kalau itu gombal..

Saya: kalau persoalan bahasa ya beda lah..kalau ke akhwat otomatis lebih serius..kan sensifitas perasaannya beda..termasuk bahasa di sms, natural udah beda aj..kalau terkait perhatian sejauh apa? Kalau masih hal yang wajar, itu kan fine2 aja ttoh..? ex: nanya kabar, nanya kesembuhan, dll..kecuali kalau si ikhwan nya nanya macem2 tuh..itu yang patut dicurigai atau dicuekin aja..btw kamu sering digituin yakk..hahaha..:P

Ani:  enak aja..kalau aku gak yo..aq bahkan kalau ada ikhwan yang suka gitu, langsung aja tak bilangin, “dasar ikhwan gombal!! “

Saya: kwkwkwkw…dan satu lagi terkait yang tadi, bisa juga karena-afwan-, akhwat nya ke GR an..si ikhwan sih maksudnya biasa aja atau sekedar bercanda, tapi si akhwat nya malah nafsir beda..

Ani: nah itu nggi, udah tau yang namanya cewek suka GR,  eh..di kasih perhatian lebih sama ikhwannya, nih dari pengamatanku sama teman2 akhwat sih..jadi kalau ada ikhwan yg ngasih tu perhatian, huah..seneng banget tuh si akhwat, tapi kalau udah sesama ikhwan genk kita, udah tak anggap saudara, udah mual kalau kalian yang nge gombal..hahaha 😛

Saya:  nah itu satu lagi, ikhwan nya berani godain akhwat kalau tau udah akrab dengan mereka nya, jadi pikir si ikhwan gak kan kenapa2..karena udah akrab, udah gak sensitif lagi..

Ani: maksud saya gini nggi..pertama, dah tau  kan kalau nalurinya akhwat suka ke GR an, dan naluriahnya ikhwan suka kasih perhatian..maka dari itu, ya masing2 kita seharusnya mengantisipasi, menyisiasati, mengendalikan ataupun sejenisnya untuk meminimalisir hal2 alamiah itu tadi untuk menghindari fitnah dan hal2 yang tidak diinginkan..dan tolong di reset frame temen2 ikhwan kalao gak semua akhwat itu lemah dan perlu dilembutin..contoh, ada yang nanya: “anti dah sembuh?”, nah tanggapan akhwat tu beda2..kalau ke aku mungkin biasan aja..tapi akhwat yang lain ada yang akan berfikir gini, “subhanallah, dia perhatian banget”..nah, ini yang bahaya..so, sebaiknya temen2 ikhwan juga kooperatif buat jaga sikap dan berbahasa dengan yg benar2 wajar..kalau perlu formal sekalian, demikian..hohoh..:D

Saya: Ooh..gitu yaa..(njilebb)

…..

Epilog

Setidaknya ada dua pelajaran moral dari diskusi sederhana tersebut, pertama terkait jaga hijab di dunia maya (khususnya akhwat), dan yang kedua terkait menjaga ucapan dan sikap antara ikhwah dan akhwat, yang ikhwan nge gombal nya jangan kelewatan dan si akhwat jangan mudah tergoda dan terlalu diseriusi (atau bahasa lainnya nggak usah GR) jika digombalin, hehehe…wallahualam.

Comments
  1. ngakak terus aku baca obrolanmu sama si ani gie, wkwkwk

  2. yessytriana says:

    wah..baca ini ngakak…wkwkwk..
    si ani termasuk akhwat yg pake otak ni..keren2..hhe
    tp koq namany ‘pasaran’ -_-” gak keren.

  3. desy purnama says:

    Bener tuh.

    Salam ya nggi buat mbak ani.,

    🙂

Leave a Reply

